Service Cutting

Pengertian Cutting Pada Sablon Digital Sublimasi

Cutting adalah proses pemotongan kain atau bahan sesuai dengan pola yang terdapat pada kertas marka, atau pada kain sehingga di peroleh hasil potongan yang sesuai dengan ukuran busana yang telah di rencanakan untuk masuk pada proses Sablon Digital Sublimasi .

Proses Cutting

Ada beberapa proses yang dilakukan pada tahapan pengerjaan Cutting, diantaranya :

1.Marking.

Marking adalah proses pengkopian pola setelah proses grading, kemudian di susun sesuai kebutuhan, sehingga dapat di tentukan pengelompokan berdasarkan panjang dan lebar pada suatu pola.

Tujuan marking adalah untuk mempelancar proses Cutting atau pemotongan bahan agar tertata rapih, sehingga mendapatkan hasil yang sesuai pada suatu pola. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam peletakan setiap komponen pada marking khususnya untuk kain yang bercorak, diantaranya:

  • Orientasi dan arah pola pada kain.
  • Kesesuaian motif kain.

2.Spreading.

Spreading adalah proses penggelaran kain lembar demi lembar hingga menjadi tumpukan kain yang siap di potong (Cutting).

Tujuan Spreading adalah untuk memperlancar proses Cutting dengan komponen-komponen yang telah di tentukan. Dengan adanya tahapan penggelaran kain, proses pengerjaan dapat mengefisiensikan waktu. Ada beberapa proses spreading, diantaranya :

  • Secara Manual.
  • Secara Otomatis.

3.Cutting.

Cutting adalah proses pemotongan kain atau bahan sesuai dengan pola yang terdapat pada kertas marka, atau pada kain sehingga di peroleh hasil potongan yang sesuai dengan ukuran busana yang telah di rencanakan.

Tujuan Cutting  adalah untuk memperlancar proses produksi dalam bidang konveksi. Ada beberapa urutan daka proses Cutting, diantaranya :

  • Cek dan cocokan komponen pola dengan komponen pola yang telah terdapat pada kertas marka, dan tidak lupa periksa lagi apakah komponen pola sudah lengkap atau belum.
  • Periksa kembali lembar kain bagian atas, sampai pada lembar kain bagian bawah.
  • Siapkan mesin/pisau cutting yang tajam.
  • Sesuaian mesin/pisau dengan ketebalan kain.

4.Bungdling.

Bundling adalah proses pemberian keterangan atau data pada komponen-komponen pada pakaian, sesuai dengan bagian setelah terjadinya proses pemotongan (Cutting).

Tujuan Bundling adalah untuk mempermudah dan membedakan komponen yang terdapat pada hasil potongan (Cutting) agar sesuai komponen-komponennya, dan tertata beradasarkan size. Beberapa proses Bundling, diantaranya :

  • Pasang marka di atas gelaran kain.
  • Pasang bundle dan numbering di atas marka sesuai dengan komponennya.
  • Lakukan proses pemotongan (Cutting).
  • Setelah selesai proses pemotongan (Cutting), bundel hasil pemotongan dan satukan antara komponen dengan komponen yang lainnya, agar tidak tercampur dengan yang lainnya.
  • Lakukan pengelompokan berdasarkan ukuran.

5.Numbering.

Numbering adalah pemeberian nomor secara berurut pada bagian-bagian komponen pakaian yang telah dipotong.

Tujuan Numbering adalah untuk mengetahui jumlah komponen pakaian dan mempermudah saat proses penjahitan. System numbering sangat perlu dilakukan, karena tahapan ini akan memudahkan dalam proses produksi.

sablon digital sublimasi

Jasa Cutting di Y2P

Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya jasa Sablon Digital Sublimasi, menyediakan Jasa Cutting Kain untuk keperluan para mitra. Dengan dukungan beberapa tenaga ahli dan ketersediaan mesin, sudah barang tentu dapat memenuhi keperluan dari para mitra.